Posted by : siska May 12, 2015



Syukur tiada terkira kita akhirnya telah melewati satu putaran arisan dan masih bersemangat meneruskan ke putaran berikutnya. Semoga kita bisa terus menjaga semangat ini, semangat untuk terus mempertajam pena. Aamiin.

Kali ini, tema arisan kita adalah Jukebox Party! Kenapa Jukebox? Karena kita akan memutarkan lagu-lagu pilihan kita setiap minggunya. Lagu pilihan kita sendiri, yang kita sukai, atau malah yang kita benci karena mengingatkan pada kenangan buruk (matinya kucing kesayangan, misalnya #eh), intinya lagu-lagu yang memiliki arti khusus untuk kita, a song you can personally relate to.

Ibarat jukebox juga, sebelum diputar kita harus masukin koin dulu. Bedanya, di sini kita harus ngocok arisan dulu, nama siapakah yang keluar untuk memutarkan lagu berikutnya? :p Nah, kita juga tak akan tahu siapa yang akan membawakan lagu kita. Kita yang memilih lagunya, namun kocokan arisanlah yang memilih orang yang akan membawakannya.

Biar nggak bingung, langsung aja disimak aturan mainnya, yah. :D

1. Arisan ini adalah arisan cerita pendek, dengan panjang cerita bebas (asal jangan kurang dari 400 karakter dan lebih dari 2000 karakter, eh...itu nggak bebas dink ya? >.<)

2. Cerita pendek akan dirilis sebanyak dua buah setiap minggunya, yakni setiap hari Minggu di blog kita tercinta ini.

3. Dua cerita pendek tersebut ditulis oleh dua orang peserta arisan yang namanya keluar pada hari minggu sebelum cerita dirilis. Jadi, setiap cerita punya waktu seminggu untuk ditulis.

4. Rilis dua cerpen pertama akan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 17 Mei 2015.

5. Dua orang penulis cerpen pertama telah dipilih satu minggu sebelumnya (10 Mei 2015)--dan sekarang mereka mungkin sedang tenggelam di dunia imajinasi. ;p

6. Khusus untuk dua cerpen pertama, penulis memilih sendiri lagu yang akan mereka jadikan inspirasi untuk menulis cerpen.

7. Untuk minggu-minggu berikutnya, kedua orang penulis yang karyanya dirilis hari Minggu itu harus memilih masing-masing satu lagu untuk dibawakan oleh penulis berikutnya.

- Jadi, misalnya pada tanggal 10 Mei nama yang keluar adalah Amat dan Cimot, maka mereka akan memilih satu lagu yang mereka suka untuk dijadikan cerpen yang rilis tanggal 17 Mei.
- Lalu, pada tanggal 17 Mei mereka akan memilih masing-masing satu lagu (jadi total ada dua, satu dari Amat lagu Balonku dan satu dari Cimot lagu Bengawan Solo, Misalnya) untuk dibawakan oleh penulis berikutnya.
- Penulis berikutnya akan dipilih lewat metode kocok arisan undian pada tanggal 17 Mei pula.
- Misalkan, yang terpilih berikutnya adalah Belo dan Dodo, maka Belo dan Dodo menuliskan cerpen untuk tanggal 24 Mei dengan sumber inspirasi dari lagu yang dipilihkan Amat dan Cimot.
- Belo dan Dodo bebas menyepakati siapa yang akan menulis berdasarkan lagu Balonku dan siapa yang berdasarkan lagu Bengawan Solo.
- Pada tanggal 24 Mei, Belo dan Dodo akan rilis cerpen, sekaligus memilih satu lagu kesukaan mereka untuk dibawakan oleh penulis berikutnya yang diundi pada hari itu juga. Begitulah seterusnya.

8. Setelah satu putaran selesai, seperti biasa kita akan adakan polling dan penjurian. Akan dipilih dua orang pemenang, satu untuk kategori pilihan juri, dan satu untuk kategori polling pembaca.

Ada hadiahnya, nggak? Tentu saja! Untuk kali ini, pemenang kategori pilihan juri akan mendapatkan paket buku sebanyak tiga buku, dan pemenang polling akan mendapatkan satu  buah buku. :D

Oke, segini dulu aja tentang aturan main arisan kita kali ini. Sampai jumpa! :)


{ 2 comments... read them below or Comment }

Cerpen Pilihan Kloter Kedua

Popular Post

Followers

Definition List

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Kampus Fiksi 11 - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -